Jumat, 17 Agustus 2012

Perjuangan Masuk Teknik


      Perjuangan Masuk Teknik
Hampir semua siswa/siswi SMA mendambakan untuk bisa diterima di Universitas Negeri karena biaya yang relatif murah, kualitas yang baik, lulusannya diperhitungkan, dll. Jadi, kuliah di PTN ternama pun menjadi kebanggaan tersendiri bila dibandingkan kuliah di PTS.
Ada banyak Fakultas di Universitas di seluruh Indonesia, misalnya saja USU. USU memiliki banyak fakultas, antara lain : Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dll.
Dalam menggapai cita-cita kita tidak boleh cepat menyerah. Sama halnya dengan Fakultas Teknik. Untuk mendapat kursi PTN terkhusus di Teknik, membutuhkan perjuangan dan ketekunan. Banyak jalur masuk yang ditawarkan, seperti SNMPTN jalur Undangan, SNMPTN jalur ujian tulis, UMB PTN, Ekstensi, dan Mandiri.
Disini, saya akan bercerita sedikit tentang perjuangan saya untuk bisa masuk di Fakultas Teknik. Saya lulusan dari jalur SNMPTN ujian tulis. Pada waktu itu saya memilih Program Studi IPA. Oleh sebab itu hanya ada 2 pilihan jurusan, antara lain :
1.Teknik Kimia
2.Teknik Lingkungan
 
Namun, saya tidak lulus dipilihan pertama, tetapi Lulus dipilihan ke-2, yaitu Teknik Lingkungan. Sebelum saya dinyatakan Lulus di Teknik Lingkungan, saya juga sudah mencari tahu seikit-sedikit tentang teknik lingkungan dari internet. Karena menurut saya prospek kerjanya bagus, saya pun memilih  jurusan tersebut. Akan tetapi untuk mendapatkan semua itu tidaklah semudah membalikkan telapa tangan. Saya harus lebih mengintesifkan waktu belajar saya, misalnya saja dengan bimbingan belajar di Medica, bukannya saya promosi. Disana saya mempelajari banyak soal-soal ujian tahun lalu. Dan bukan hanya itu saja saya juga selalu mengikuti setiap simulasi yang diadakan oleh BT/BS Medica. Ya, saya memang selalu lulus simulasi mulai dari simulasi I sampai simulasi IV, meskipun saya hanya selalu lulus dipilihan terakhir saya. Memperbanyak membaca dan rajin membahas soal, sudah menjadi keharusan bagi saya dan setiap orang yang ingin Lulus di PTN.  Selain itu saya juga harus lebih banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Melihat usaha saya, Orang Tua saya pun selalu mendukung dan menyemangati saya. Pada saat menjelang ujian, saya harus mempersiapkan keperluan pada saat ujian. Baik itu pensil, penghapus, pulpen, rautan, papan, kartu ujian SNMPTN, KTP, dan SKHU.
Setelah ujian selesai, saya selalu menunggu pengumuman dengan sedikit cemas kalau-kalau saya tidak lulus nantinya. Namun, semua usaha yang saya lakukan tidak sia-sia. Alhasil Puji Tuhan saya bisa Lulus di Teknik Lingkungan, meskipun itu pilihan ke-2 saya. Itulah sedikit tentang bagaimana usaha dan perjuangan saya untuk bisa menjadi mahasiswi Teknik Lingkungan di  Universitas Sumatera Utara. Salam Teknik , Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar